Template information

Cara Mempercepat Kinerja Komputer Atau Lepptop


Cara Mempercepat Kinerja Komputer Atau Lepptop - Kinerja komputer/lepptop yang pada awalnya cepat dan stabil untuk melayani kerja sofware dapat menjadi lambat seiring dengan lamanya waktu pemakaian komponen tersebut. Lambatnya kinerja komputer juga kadang disebabkan oleh pengguna/resource yang terlalu berlebihan secara terus menerus sehingga komponn menjadi lambat.

Berikut ini adalah sedikit tips bagaimana cara mempercepat kinerja komputer agar loading komputer anda cepat :


1. Menghapus File Yang Tidak Di Gunakan
Menghapus file yang tidak digunakan pada Hard Disk pada komputer anda, itu akan memberikan banyak ruang yang tersedia dan membantu kinerja komputer anda agar lebih cepat. Volume hard disk pada sistem operasi yang sudah anda install harus dibersihkan dari file yang tidak di inginkan. ini akan memberi lebih banyak ruang untuk file swap, yang merupakan ruang pada harddisk yang digunakan selain sebagai kerja memory RAM.
2. Uninstall Program Yang Tidak Di Gunakan 
Uninstall Program yang tidak digunakan. Karena beberapa program biasanya berjalan pada star up dan akan memperlambat kinerja komputer anda.
3. Mempercepat Star Up 
Dengan cara mematikan program yang tidak perlu atau tidak digunakan. Untuk membuat komputer kita lebih cepat dan mengurangi waktu star up, cara sebagai berikut :  

  1. Tekan Start R untuk masuk ke Run
  2. Setelah itu ketikkan msconfig 
  3. Pada tab Startup, Kosongkan cecklist program yang tidak perlu 
  4. Lalu Restart 

 4. Scan Komputer kita dari Virus Adware / Malware Menggunakan Anti Virus
Banyak virus, worm, program adware dan malware yang memperlambat komputer anda, jika anda belum melakukanya maka install perangkat lunak antivirus yang berlisensi dan scan harddisk untuk menghapus semua perangkat lunak yang berbahaya, Hal ini akan dapat mempercepat kinerja komputer sebagai sumber daya yang digunakan oleh program berbahaya akan di bebaskan.

5. Clean Windows Registry
Jika anda mengunakan sistem operasi windows, kemudian membersikan Registry Windows ini akan membantu mempercepat kinerja komputer anda. Ini bisa dilakukan dengan aplikasi seperti CCleaner ataupun Tune Up Utilities sebagai alternatif.
6. Defragment Harddisk
Data akan disimpan di hard disk dalam bentuk terfragmentasi, yang membuat proses pengambilan data dari hard drive yang akibatnya memperlambat operasi komputer. Defragment dari volume hard disk dan mengatur ulang atau menyusun ulang file dengan rapi dan dapat mempercepat komputer anda. Caranya :


  1. Klik Start
  2. Lalu Klik Program --> Accesories -->System Tools -->Disk defragment
  3. Kemudian ikuti langkah selanjutnya.

     Caranya pada windows 7 :
  1. Klik Start
  2. Lalu Klik Program --> Accesories -->System Tools -->Disk defragment
  3. Pilih Partisi yang mau di Defrag
  4. Lalu klik Analyze Disk dan tunggu sampai selesai/100%
  5. Setelah itu klik Defragment Disk dan tunggu sampai selesai
 
7. Matikan Visual Effect
Beberapa sistem operasi seperti windows vista memiliki effect dekstop cukup mewah yang dapat meningkatkan daya tarik estetika visual, tapi komputer akan lambat dan berat karena terlalu banyak menggunakan RAM, Jadi beralihlah ke tampilan klasik untuk mengambil irisan extra RAM dari komputer anda. Caranya :


Klik kanan My Computer-->Pilih Properties-->Advance-->Visual effects-->Cecklist yang tidak perlu

Caranya pada windows 7 :
  1. Klik kanan pada Computer  
  2. Lalu pilih Properties 
  3. klik advance system setting 
  4. Pada bagian performance klik setting setelah itu akan muncul jendela Performance Options. 
  5. klik adjust for best performance. 
  6. Hilangkan semua tanda centang, kecuali pada dua opsi paling bawah, 
  7. kemudian klik Ok.

8. Meningkatkan RAM ( Random Access Memory )
Meningkatkan RAM secara fisik akan membantu mempercepat kinerja komputer anda, Karena memiliki memory lebih bekerja untuk membagi operasi, Meningkatkan RAM pasti akan mempercepat komputer anda.


9.Install Hard Disk Baru
Pengambilan data dari Harddisk lama membuat semakin lambat dan semakin memakan waktu lama, dengan mengganti hard disk akan mempercepat kinerja komputer anda.


10. Install Ulang sistem Operasi
Sistem operasi yang diunakan selama 3 - 4 bulan secara terus menerus pasti memiliki masalah, lakukan memformat harddisk dan menginstall ulang windows dapat membantu anda menyingkirkan masalah sistem operasi yang melekat pada komputer anda.


Udah taukan caranya dan  sekian duluya dari saya semoga artikel Akram Berbagi berguna bagi sobat semuah

0 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Komputer Atau Lepptop"

Posting Komentar