Template information

Cara Mengatasi Error 404 Di Blog


Kali ini blog Akram Barbagi akan sharing tentang Cara Mengatasi Error 404 Di Blog, Tapi terlebi dahulu saya akan jelaskan sedikit tentang Error 404 sebagi berikut :

Page Not Found atau halaman tidak di temukan adalah penyebab ERROR 404. Error ini termasuk salah satu masalah serius pada blog yang harus segera di atasi. Mengatasi Error 404 adalah prioritas utama. Apabila anda ingin tampil dan bertahan di halaman depan hasil pencarian, ERROR 404 harus segera di atasi. dan Penyebab utama ERROR 404 ini adalah postingan atau artikel yang telah terindeks oleh google lalu kita hapus dari blog. Ketika seseorang menemukan artikelnya di hasil pencarian, linknya akan menuju ke blog tapi halaman tidak di temukan karena Artikelnya sudah di hapus.


Untuk mengatasi sebuah masalah utama datangnya error 404 ada 3 cara untuk mengatasinya :
  1. Sumber error 404 yang pertama harus diatasi dengan menghapus setiap url artikel dari indeks serach engine google dan Bing. Semakin banyak artikel yang telah di hapus dari blog, semakin banyak juga URL terindeks yang harus segera di hapus. Ini adalah cara terbaik yang harus di lakukan agar Blog kembali sehat bugar. Masasalahnya, cara ini butuh waktu paling cepat 3 - 4 hari. Selain itu tutorialnya harus saya bahas di artikel lain agar artikel ini tidak terlalu panjang.
  2. Sumber error 404 kedua juga bisa di atasi dengan trik dari Blogger Bugis. Waktu yang di butuhkan untuk mengatasi sumber error kedua ini sedikit lebih cepat dari sumber error pertama. Tutorial selengkapnya akan saya tulis di artikel lain.
  3. Sumber Error 404 ke tiga merupakan sumber error yang paling susah karena kita tidak bisa menghapus link di Blog milik orang lain yang mengarah ke artikel blog kita yang telah di hapus. Karena tidak bisa di hapus, cara terbaik adalah dengan mengalihkan tujuan link.
Cara ini terbukti ampuh, cepat, dan praktis bahkan bisa mengatasi sumber error pertama dan kedua. Dengan mengalihkan tujuan link yang artikelnya telah di hapus, maka tidak ada lagi error 404 di blog. Pengunjung juga tidak akan terlalu kecewa karena tidak menemukan artikel yang di cari karena kemungkinan akan menemukan artikel lain yang lebih menarik.

Meskipun demikian, untuk kepertingan Optimasi SEO, sumber error pertama dan kedua tetap harus di atasi dengan caranya masing masing. Sebagai langkah awal, cara ketiga harus segera di lakukan agar tidak ada lagi error 404 pada blog.



  • Masuk ke dasbord blog lalu klik tanda panah hitam kecil mengarah ke bawah yang ada di sebelah kiri tombol Lihat Blog.
  • Pilih Setting / Setelan 
  • Klik Preferensi Penelusuran 
  • Klik Edit pada bagian Pesan Ubahsuaian untuk Laman Tidak Ditemukan 
  • Masukkan kode di bawah ini pada kotak yang tersedia :
<script type="text/JavaScript">
location.replace('http://akramberbagi.blogspot.com/');
</script>
<a href='http://akramberbagi.blogspot.com/'>Click Disini</a>

  • Klik "Simpan Perubahan".
  • Selesai.
Jangan lupa sob ganti kode yang berwarna merah dengan URL blog Sobat

Keterangan Kode :
  1. 3 baris kode pertama akan mengalihkan error 404 ke halaman beranda blog.
  2. Kode baris terakhir akan menjadi link ke halaman utama jika pengunjung tidak mengaktifkan JavaScript browsernya.
Dengan cara ini, maka tidak ada lagi error 404. Semua artikel yang tidak di temukan akan langsung di alihkan ke halaman utama blog. dan sekian dari saya semoga artikeln ini berguna bagi sobat semua.

0 Response to "Cara Mengatasi Error 404 Di Blog"

Posting Komentar